Kamis, 06 Oktober 2016

Pankreas Buatan Pertama disetujui FDA

Pankreas Buatan Pertama disetujui FDA

Kabar gembira untuk penderita diabetes karena pankreas buatan yang dikembangkan oleh Medtronic akhirnya disetujui FDA. Pankreas buatan ini didesain untuk mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 1 untuk membantu memonitor kadar glukosa di dalam darah sehingga penderita penyakit diabetes tipe 1 ini dapat menjalani kehidupan tanpa perlu melakukan kontrol glukosa darah setiap hari di klinik.

Saat ini laporan WHO mengatakan terdapat 29 juta orang di Amerika Serikat yang menderita penyakit diabetes dimana 5 persen diantaranya menderita diabetes tipe 1.

Pankreas buatan dengan kode MiniMed 670G hybrid nantinya akan berfungsi seperti pankreas manusia dan bekerja secara realtime mengukur kadar glukosa darah dan menyalurkan insulin ke dalam darah ketika dibutuhkan. Di dalam mesin ini telah lengkapi dengan algoritma yang dikembangkan oleh Medtronic bernama SmartGuard (TM) HCL sehingga dapat menentukan dosis insulin yang diperluikan tubuh berdasarkan kadar gluklosa yang dideteksi pankreas buatan secara otomatis.

Pankreas Buatan MiniMed 670G

Hebatnya lagi MiniMed 670G dapat mengukur kadar glukosa darah setiap 5 menit sekali dan secara otomatis menentukan apakah mendistribusikan insulin atau menahan insulin. Selain itu alat ini sendiri dapat diatur dalam mode manual atau otomatis untuk memberi kesempatan kepada penggunanya mengatur kapan insulin dibutuhkan untuk mengolah karbohidrat di dalam tubuh.

FDA menyetujui pankreas buatan untuk pengguna berusia 14 tahun ke atas dengan penyakit diabetes tipe 1. Pankreas buatan MiniMed 670G yang dikembangkan Medtronic ini akan dipasarkan pada musim panas tahun 2017 nanti.

Sumber
Pankreas Buatan Pertama disetujui FDA
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Lihat Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>