Selasa, 20 September 2016

Struktur dan Fungsi Long noncoding RNA (lncRNA)

Struktur dan Fungsi Long noncoding RNA (lncRNA)

material genetika yang diketahui secara umum adalah DNA dan RNA yang bertanggung jawab dalam proses sintesis protein mahluk hidup. Namun penelitian terbaru menemukan material genetika terbaru yang disebut long noncoding RNA (lncRNA) atau RNA yang tidak ditranslasi menjadi protein - beberapa menyebutnya Junk DNA (DNA sampah).

Penelitian terbaru menemukan hal sebaliknya dimana segmen RNA yang tidak ditranslasikan menjadi protein ini ternyata memiliki peran dalam proses seluler lain seperti penentu fungsi sel di masa perkembangan embriotik. Untuk melihat struktur dan fungsi dari long noncoding RNA (lncRNA) dan bagaimana perannya dalam sistem selular sel, peneliti dari Massachussetts Institute of Technology atau biasa disebut MIT melakukan penelitian mendalam pada salah satu tipe lncRNA. Informasi yang diperoleh dari penelitian ini diharpakan dapat memberi pemahaman tentang bagaimana lncRNA mengatur diferensiasi sel sehingga dapat membantu dalam pengembangan obat baru untuk pasien jantung akibat penyakit kardiovaskuler, penuaan, dan kanker.

Percobaan Pada Tikus

Penelitian tentang lncRNA pada tikus sebelumnya telah dilakukan oleh Boyer's Lab dan menemukan lncRNA yang disebut Braveheart. Boyer mengidentifikasi molekul RNA ini berperan penting dalam proses perkembangan sel-sel otot jantung.

Peneliti dari MIT kemudian menganalisis struktur braveheart (terdiri dari 600 nukleotida) menggunakan teknik probing secara kimia (inline, SHAPE, DMS), NMR, dan X-ray kristalografi. Dari pengujian ini diketahui bahwa braveheart memiliki region tertentu atau motif yang aktif terhadap reagen yang diberikan. Peneliti selanjutnya menguji region mana yang memiliki peran signifikan terhadap fungsi molekul. Dari sini peneliti dapat menguji region terpilih untuk diuji dengan berbagai protein yang kemungkinan berinteraksi dengan braveheart dalam proses pengembangan sel jantung. dari 10000 protein yang digunakan ditemukan protein yang disebut cellular acid binding protein (CNBP) memiliki ikatan yang kuat dengan region braveheart. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mutasi pada protein CNBP menyebabkan kerusakan jantung pada manusia dan tikus.


Penelitian ini memberikan pemahaman dasar tentang adanya region tertentu atau motif pada lncRNA yang memiliki fungsi signifikan terhadap fungsi seluler seperti perkembangan sel jantung pada kasus braveheart. peneliti dapat menggunakan informasi ini untuk mengamati lncRNA pada manusia atau spesies lain sehingga dapat membantu dalam pengembangan obat dan terapi baru di masa depan.

Referensi
Zhihong Xue et al. A G-Rich Motif in the lncRNA Braveheart Interacts with a Zinc-Finger Transcription Factor to Specify the Cardiovascular Lineage. Molecular Cell, September 2016 DOI: 10.1016/j.molcel.2016.08.010
Struktur dan Fungsi Long noncoding RNA (lncRNA)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Lihat Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>