Kamis, 29 September 2016

Pengaturan Dasar Blogger Sebelum Memulai Blog Baru Anda

Pengaturan Dasar Blogger Sebelum Memulai Blog Baru Anda

Pengaturan dasar blog
Setelah mengetahui bagaimana cara membuat blog di blogger pada tulisan ini saya akan membantu anda melakukan pengaturan dasar sebelum memulai menulis artikel di blog anda. Pengaturan dasar ini sangat penting untuk membantu mesin pencari mengidentifikasi blog anda seperti deskripsi blog, meta data, dan lain-lain. Untuk blogger pemula (sama seperti saya dahulu), pengaturan ini kadang terlewatkan sehingga blog yang sudah dibuat dengan penuh perhatian dan kerja keras malah tidak mendapat tempat di hasill pencarian mesin pencari dan akibatnya sangat fatal bukan?. Pengaturan dasar ini dapat anda lakukan di dashboard blogger anda dalam beberapa menit saja, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1 - Beranda Blogger

  • log in ke akun blogger anda menggunakan akun google
  • pada beranda blogger pilih setelan 
  • Pada seksi ini anda akan melihat beberapa pengaturan yang tersedia seperti
    setelan dasar blogger
  1. Dasar
  2. Pos, komentar, dan berbagi
  3. Email
  4. Bahasa dan performatan
  5. Preferensi penelusuran
  6. Lainnya

Langkah 2 - Pengaturan Dasar

  • pada menu setelan pilih tab Dasar lalu anda akan melihat beberapa informasi dasar tentang blog anda seperti judul, deskripsi, dan privasi

    Pengaturan Dasar

  • pada pilihan privasi, anda dapat mengatur apakah blog anda akan diindex oleh mesin pencari atau tidak (bila anda memilih tidak terindex, maka blog anda tidak akan ditemukan melalui mesin pencari namun dapat diakses langsung)
  • pada pilihan alamat blog anda dapat mengganti URL blog anda dengan alamat lain baik itu domain.blogspot.com atau custom domain berbayar seperti domain.com dll (Apabila alamat URL berubah maka mesin pencari akan mengindeks ulang blog anda oleh karena itu pertimbangkan pilihan mengganti domain dengan matang sebelum melakukan tindakan ini)

Langkah 3 - Pos, komentar, dan berbagi

  • pada seksi Pos anda dapat mengatur jumlah artikel yang ditampilkan di halaman depan blog anda (Perlu diketahui beberapa template blogger menggunakan javascript untuk mengatur jumlah postingan di halaman depan blog anda sehingga pengaturan ini kadang tidak bekerja. Pada kasus ini hubungi pembuat template yang anda gunakan untuk mengatur jumlah artikel di halaman depan blog anda).
    Pos, komentar, dan berbagi

  • pada seksi Komentar anda dapat mengatur mengaktifkan komentar atau tidak, mengatur siapa saja yang dapat mengomentari artikel anda, dan mengaktifkan moderisasi komentar. Yang menarik dari seksi ini adalah pilihan menggunakan komentar google plus.
    komentar G+

Langkah 4 - Bahasa dan Pemformatan

  • pada seksi Bahasa pilih bahasa yang ingin anda gunakan dan pilih penerjemahan bahasa
  • pada seksi format anda dapat mengatur zona waktu, tanggal, dan format waktu yang akan ditampilkan di blog anda.
    Bahasa dan Pemformatan


Langkah 5 - Preferensi Penelusuran

  • Meta data deskripsi ini sangat penting karena bagian ini akan tampil di bawah link blog anda di hasil pencarian search engine
  • Deskripsi harus sama dengan description blog di pengaturan Dasar sebelumnya

    Tag Meta decription

Demikian pengaturan dasar yang dapat anda lakukan sebelum memulai blog anda, dari penjelasan diatas dapat dilihat bahwa pengaturan ini sangat mudah dan tidak memakan waktu lama buka? pengaturan kesalahan pengalihan dan perayapan akan dibahas di tulisan selanjutnya
Pengaturan Dasar Blogger Sebelum Memulai Blog Baru Anda
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Lihat Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>