Minggu, 21 Agustus 2016

Regulasi Gen Pada Penyakit Kardiovaskular

Regulasi Gen Pada Penyakit Kardiovaskular

Pengembangan di bidang kesehatan kini memasuki era molekuler, artinya untuk mendiagnosis, pencegahan, maupun pengobatan penyakit kini dilakukan sampai pada tataran genetika. Berbagai penelitian untuk memetakan gen yang dapat mencetuskan suatu penyakit telah dilakukan dan memberikan informasi penting bagaimana regulasi gen terhadap penyakit.

Pada penyakit kardiovaskular penelitian terbaru berhasil mengidentifikasi gen yang dapat menyebabkan penyakit serta bagaimana penyakit kardiovaskular ini akan berkembang hingga menyerang jantung maupun stroke. Penelitian ini dilakukan oleh kolaborasi peneliti dari Icahn School of Medicine, Tartu University Hospital, Karolinska Institutet and Science for Life Laboratory, dan AstraZeneca dengan menggunakan 600 sampel darah dan metabolit jaringan pasien penyakit arteri koroner. Dari sampel ini diperoleh data sekuens RNA yang kemudian dianalisis dan dikompilasi ke dalam suatu sistem data bank bernama STARNET (Stockholm-Tartu Atherosclerosis Reverse Networks Engineering Task study). Selanjutnya peneliti melakukan analisis lebih lanjut untuk melihat bagaimana regulasi gen secara sistemik mempengaruhi jaringan hingga menyebabkan penyakit.

Regulasi Gen

Dari penelitian ini diperoleh temuan baru bahwa terdapat gen yang berperan dalam mengatur konsentrasi  LDL kolesterol (Low Density Lipoprotein) di dalam darah yang diberi kode PCSK9. Gen ini tidak ditemukan di dalam hati tetapi di jaringan lemak abdominal sementara diketahui bahwa hati mempunyai peran penting dalam hal regulasi lemak di dalam darah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jaringan lemak abdominal juga memainkan peran dalam  hal pengaturan konsentrasi lemak seperti hati. Selain itu terdapat hubungan antara setiap gen di antara jaringan sehingga setiap gen mempunyai efek terhadap tercetusnya penyakit lain selain penyakit kardiovaskular seperti Alzheimer, diabetes, dan lain-lain. 

Referensi
O. Franzen, R. Ermel, A. Cohain, N. K. Akers, A. Di Narzo, H. A. Talukdar, H. Foroughi-Asl, C. Giambartolomei, J. F. Fullard, K. Sukhavasi, S. Koks, L.-M. Gan, C. Giannarelli, J. C. Kovacic, C. Betsholtz, B. Losic, T. Michoel, K. Hao, P. Roussos, J. Skogsberg, A. Ruusalepp, E. E. Schadt, J. L. M. Bjorkegren. Cardiometabolic risk loci share downstream cis- and trans-gene regulation across tissues and diseases. Science, 2016; 353 (6301): 827 DOI: 10.1126/science.aad6970 
Regulasi Gen Pada Penyakit Kardiovaskular
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Lihat Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>