Rabu, 24 Agustus 2016

Pengantar Blogger.com (Blogspot) dan Mengapa Memilih Blogger?

Pengantar Blogger.com (Blogspot) dan Mengapa Memilih Blogger?

Blogger.com adalah salah satu produk google untuk membuat blog dengan berbagai fitur yang sangat mudah dipahami, lengkap, dan tentu saja gratis. Setiap blog yang dibuat di bawah blogger akan disimpan (hosting) di server google dengan sebuah alamat URL khusus berakhiran blogspot.com dan kesemua ini anda dapatkan tanpa dipungut biaya dari google. Selain menyediakan hosting dan domain gratis, blogger juga memberikan akses yang cukup besar untuk membuat banyak blog dalam satu akun yaitu hingga 100 blog.

blogger.com

Sejarah Perkembangan Blogger

  • 23 Agustus 1999, blogger pertama kali diluncurkan oleh Pyra Labs
  • Pada bulan Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google dan membuat berbagai fitur blogger gratis untuk umum.
  • Pada Tahun 2004, Google kembali mengakuisisi Picasa yang membuat user blogger dapat mengupload gambar.
  • 9 Mei 2004, blogger berovolusi dengan melakukan berbagai perubahan tampilan dan penambahan beberapa fitur pentign seperti web standards-compliant template (template berbasis web), Laman statis, sistem komentar, dan menulis artikel via email.
  • 14 Agustus 2006, Blogger Beta diluncurkan ditandai dengan pemindahan semua pengguna ke server google. Proses ini berlangsung sampai bulan Mei 2007.
  • Pada tahun 2007 blogger memperoleh ranking 16 dari 50 domain teratas dalam hal banyaknya pengunjung unik per tahun. 
  • Pada tahun 2016 blogger memperkenalkan SSL domain

Mengapa Memilih Blogger? Apa Kelebihannya

Setelah anda mengetahui sedikit tentang blogger dan bagaimana perkembangannya hingga hari ini saya akan menjelaskan sedikit tentang fitur-fitur di blogger yang membuat saya memilih platform ini untuk membuat blog diantaranya

Terintegrasi dengan Akun Google

blogger.com secara langsung dikelola oleh google sehingga setiap akun google anda akan mendapatkan akses ke berbagai produk google, seperti blogger. Selain itu google yang merupakan search engine paling besar saat ini juga menyediakan layanan lain yang sangat penting untuk blogger (sebutan untuk pembuat blog) seperti Adword, Adsense, Analytic, dan Webmaster dimana kesemua fitur ini dapat anda terapkan di blog anda dengan sangat mudah.

google-blogger


Tidak Butuh Keterampilan Teknis

Blogger.com menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. Anda tidak perlu menjadi seorang master IT sebelum dapat menggunakan blogger hanya saja setidaknya anda mengetahui sedikit tentang HTML. Selain itu ada banyak blogger yang menyediakan informasi tentang trik-trik blogger sehingga anda tidak perlu kesulitan saat mencari di search engine. Selain mudah dalam penggunaan anda juga tidak perlu memikirkan masalah teknis seperti keamanan maupun pemeliharaan server karena semua telah dilakukan oleh pihak google.


Tampilan Blog dapat Diatur 

Tampilan blog diatur di dalam sebuah template yang berisi kode HTML, Javascript, dan CSS. Dengan memodifikasi beberapa kode di template ini, anda dapat mengubah tampilan blog sesuka anda atau anda dapat menggunakan template yang dibuat blogger lain. Untuk pilihan menggunakan template blogger lain anda tidak perlu khawatir karena ada banyak template blogger yang dibagikan secara gratis di dunia maya dan cara menggunkanannya juga sangat mudah. Selain itu blogger kini mendukung template HTML5 dan responsive untuk tampilan blog diperangkat mobile.

Gratis dan Dukungan Google

Blogger.com dikelola oleh salah satu perusahaan IT terbesar di dunia yaitu google dan layanan yang anda peroleh didapat secara cuma-cuma. Hosting di server google adalah salah satu alasan utama saya menggunakan blogger karena memiliki kelebihan seperti keamanan, pemeliharaan server, dan bandwith yang tidak terbatas sehingga anda tidak perlu khawatir ukuran konten di blog atau traffick pengunjung pada blog anda.

Blogger di perangkat Mobile

Blogger kini tersedia di perangkat mobile baik itu Android maupun IoS sehingga anda dapat menulis artikel, mengedit, atau memoderasi komentar di blog anda dimana saja dan kapan saja. Selain itu ada alternatif lain dengan menggunakan sms atau mms untuk mempublikasikan artikel menarik anda melalui perangkat seluler lainnya.
Pengantar Blogger.com (Blogspot) dan Mengapa Memilih Blogger?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Lihat Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>