Minggu, 14 Agustus 2016

Menulis Blog dengan Sejuta Potensinya

Menulis Blog dengan Sejuta Potensinya

Informasi adalah harta yang sangat bernilai saat ini oleh karena itu siapa pun anda yang memiliki pengetahuan atau skill yang dapat mempengaruhi hidup orang lain, jangan ragu untuk menuangkannya ke dalam sebuah blog.

Menulis Blog

Blog adalah laman yang berisi informasi yang disiarkan (publikasi) secara online sehingga dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja sehingga informasi dapat disebarkan secara luas dan memberikan dampak kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain blog dapat dianalogikan sebagai buku yang dimuat secara online. Blog yang memuat informasi atau konten yang akurat atau menarik bagi pembacanya akan memberikan sejuta peluang bagi anda (penulis blog) yang terangkum sebagai berikut:

Pengakuan Sosial

Seyogyanya manusia adalah mahluk sosial sehingga pengakuan adalah suatu kebutuhan dalam bermasyarakat. blog yang berisi informasi yang akurat dan bermanfaat bagi orang lain tentu saja akan mendapatkan pengakuan oleh masyarakat di dunia maya bahwa anda adalah orang dapat dipercaya dan memiliki kemampuan di bidang tertentu yang secara tidak langsung meningkatkan kesempatan anda di dunia kerja.

Pengembangan Diri

Menulis sebuah artikel berisi informasi yang anda kuasai mungkin bukanlah hal yang sulit namun membangun sebuah blog yang dapat menjangkau pembaca nya adalah sesuatu yang lain, beberapa blogger (sebutan penulis blog) menyebutnya seni yang susah-susah-gampang karena hal yang harus dilakukan adalah optimasi hasil pencarian pada search engine seperti google, yahoo, bing, dll. Metode ini disebut SEO (Search Engine Optimation) untuk memaksimalkan hasil pencarian search engine sehingga blog anda diprioritaskan pada posisi yang paling optimal. Untuk melakukan ini anda akan terpacu untuk mengembangkan teknik menulis, membaca lebih banyak sumber, serta membangun network dengan blogger lain sehingga anda akan semakin menguasai bidang anda dan mengetahui berbagai hal menarik lain yang cuma ada di dunia maya.

Berbagi pengetahuan adalah Ibadah

Ilmu yang dibagikan lebih baik daripada ilmu yang disimpan sendiri. Ilmu atau informasi yang dibagikan secara luas memperbesar kesempatan feedback dari orang lain tentang apa yang kita sampaikan memang benar atau tidak. Dari sini akan timbul proses belajar antara anda dan orang lain sehingga akan terjalin komunikasi yang dapat menghindari fitnah atau informasi palsu.

Potensi sebagai sumber pemasukan tambahan

blog yang memiliki banyak pembaca adalah tempat strategis untuk menawarkan barang dan jasa  sehingga membuka peluang bisnis yang dapat dijadikan sumber finansial tambahan. Potensinya tidak kalah dari pekerjaan di dunia nyata seperti laporan dari google adword pada tahun 2015 berhasil mendapatkan pemasukan $ 75 juta dari pemasangan iklan barang dan jasa. Untuk mencapai tahap ini dibutuhkan blog dengan konten berkualitas dan original sehingga menarik banyak pembaca. 

Itulah sejuta potensi menulis sebuah blog yang terangkum dalam beberapa poin di atas. Tentu saja akan ada potensi lain yang menanti seiring peningkatan aktivitas di dunia maya setiap tahunnya. Terima Kasih
Menulis Blog dengan Sejuta Potensinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Lihat Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>