Sabtu, 27 Agustus 2016

Mengganti Domain blogger dengan Custom Domain (com, net, org, dll)

Mengganti Domain blogger dengan Custom Domain (com, net, org, dll)

Custom domain Blogger
Meskipun blogger menyediakan subdomain blogspot.com secara cuma-cuma namun saya sangat menyarankan menggunakan custom domain berbayar seperti com, org, net, dan lain-lain untuk memberi sentuhan profesional pada blog anda dan mempermudah pengunjung mengingat alamat URL blog anda - jauh lebih mudah mengingat http://www.domainanda.com daripada http://domainanda.blogspot.com bukan?. Untuk mendapatkan custom domain ini, anda perlu membayar sejumlah uang tergantung pada jenis domain dan durasi yang anda inginkan.

Langkah-Langkah Pengaturan Custom Domain di Blogger

Pada panduan (tutorial) ini saya hanya menggambarkan secara umum cara mengatur blogger agar dialihkan (redirect) ke custom domain yang telah anda sewa sebelumnya. Pada tutorial selanjutnya saya akan menunjukkan cara mengganti domain blogger di idwebhost lebih jelas.
  1. Setelah menyewa sebuah custom domain buka dashboard blogger dan pilih tombol setelan. Anda akan menemukan opsi Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda, klik dan masukkan alamat custom domain yang telah anda sewa tadi. Pastikan anda menulis alamat URL lengkap dengan www.
  2. Setelah itu pilih simpan dan muncul pesan kesalahan - tidak perlu panik. Pada tahap ini anda perlu mencatat beberapa informasi DNS penting yaitu "Nama, Label, atau Host" dan "Tujuan, Target, atau Mengarah ke". 
    custom domain blogger
  3. Selanjutnya klik link lihat petunjuk setelan untuk melihat informasi cara mengatur domain di blogger. Selanjutnya anda perlu mencatata kembali 4 alamat IP google yaitu:
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
  4. pada tahap ini anda tinggal menambahkan informasi penting tadi ke hosting tempat anda menyewa domain anda. Dan dalam waktu kurang dari 24 jam silahkan ulangi langkah 1 dan pesan peringatan tidak akan muncul. Dengan demikian blog anda telah dialihkan ke alamat custom domain anda yang baru.
Untuk mengatur custom domain di idWebHost silahkan baca artikel berikut.
Mengganti Domain blogger dengan Custom Domain (com, net, org, dll)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Lihat Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>