Minggu, 28 Agustus 2016

Custom Domain Blogger di idWebHost

Custom Domain Blogger di idWebHost

Domain idwebhost

Ada beberapa alasan mengapa saya menggunakan jasa idwebhost untuk menyewa domain untuk blogger-blogger saya dan alasan inilah yang membuat saya merekomendasikan idwebhost sebagai tempat menyewa domain pertama anda. Alasan pertama adalah pelayanan yang sangat memuaskan dengan adanya chat customer service 24 jam sehingga setiap pertanyaan anda akan dijawab oleh cs yang sangat ramah (bukan bot lho) dan bersedia membantu anda untuk kepereluan redirect domain di blogger. Alasan kedua, idWebHost menyediakan DNS management gratis untuk top level domain umum seperti com, net, org, dll maupun top level domain indonesia seperti web.id, my.id, dll sehingga anda tidak perlu menggunakan jasa DNS management lain seperti DNS Park yang sangat membingungkan dan rentan dari peretas. Dan alasan ketiga dan yang paling penting, saya telah menyewa banyak domain untuk blogger saya di idWebHost dan sampai hari belum pernah mengalami masalah.

Walaupun demikian, idWebhost memiliki kelemahan tersendiri sebagai penyedia layanan hosting lokal seperti lemahnya server yang membuat akses ke blog/website kadang terganggu (seperti pada kasus revolusimental.go.id sebelumnya) oleh karena itu saya menyarankan anda untuk menggunakan jasa hosting lain seperti GoDaddy untuk server luar negeri atau domosquare untuk server lokal apabila anda berniat menggunakan hosting sendiri seperti wordpress, Joomla, dll. Dengan demikian pilihlah idwebhost apabila anda hanya ingin menyewa domain dan tetap menggunakan hsoting blogger/google, namun apabila anda merasa self hosting lebih baik saat blog anda bertumbuh semakin pesat maka migrasi domain anda dari idWebHost ke provider hosting lain seperti yang saya sebutkan diatas.

Langkah-Langkah Setting Custom Domain di idWebHost

  1. Setelah anda membayar tagihan domain anda dari idWebHost, anda akan mendapatkan akses ke member area untuk mengatur DNS domain anda.
  2. Sebelum melakukan konfigurasi DNS domain, anda perlu mengambil CNAME dari blog anda - Baca Disini
    CNAME blogger
  3. Setelah CNAME blog anda didapatkan, masuk ke member area idwebhost lalu pilih Kelola DNS
    kelola domain idwebhost
  4. Pada kolom silahkan pilih A(Address) lalu masukkan 4 IP blogger satu persatu yaitu:
    216.239.32.21
    216.239.32.21
    216.239.32.21
    216.239.32.21

    add ip blogger
  5. Setelah itu masukkan CNAME dari blogger pada kolom CNAME
    Kolom CNAME idwebhost
  6. Setelah IP dan CNAME lengkap, ubah name server domain ke name server khusus untuk kelola dns:
    nameserver ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id
    nameserver idwebhost
Pada tahap ini semua pengaturan telah lengkap tinggal menunggu beberapa jam (biasanya 2-3 jam) sampai semua penyetelan berhasil dilakukan dan anda bisa melakukan redirect domain blogspot ke custom domain yang telah anda sewa. Langkah terakhir tinggal mengatur akses domain anda dari domain.com ke www.domain.com dengan cara mengaktifkan pilihan ini di blogger.
non www to www

Sumber: idwebhost
Custom Domain Blogger di idWebHost
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Lihat Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>